3 Cara Menghilangkan Bau Parfum dari Pakaian Dengan Mudah dan Benar

By | May 9, 2022

Setiap orang memiliki aroma parfum khas mereka, tetapi terkadang, aroma itu bisa bertahan lebih lama di pakaian Anda dari yang Anda inginkan. Mungkin Anda memakai terlalu banyak dan baunya tetap ada di pakaian Anda bahkan setelah dicuci. Atau mungkin itu masuk ke pakaian Anda melalui orang lain. Dalam kedua kasus tersebut, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan bau parfum dari pakaian Anda.

Bau parfum bisa dihilangkan hanya dengan mengeringkan pakaian. Di lain waktu Anda mungkin perlu merendam pakaian dalam soda kue atau mencucinya menggunakan cuka, jus lemon, sabun castile, atau bahkan mengoleskan deterjen atau semprotan penghilang bau pada pakaian.

Karena bahan kimia dan minyak yang ditemukan di banyak parfum, baunya bisa bertahan cukup lama. Anda mungkin hanya memerlukan satu metode, atau Anda mungkin harus menggunakan beberapa metode untuk mengeluarkannya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara menghilangkan bau parfum dari pakaian dengan mudah dan efektif.

Cara Menghilangkan Bau Parfum dari Pakaian

Navigasi Cepat tampilkan ]

Apakah Bau Parfum Mudah Dihilangkan dari Pakaian?

Beberapa aroma parfum mudah dihilangkan dari pakaian sementara yang lain lebih sulit. Seberapa mudah parfum keluar dari pakaian tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis aroma, kualitas parfum, dan seberapa banyak parfum yang Anda pakai.

Aroma parfum yang lebih ringan biasanya lebih mudah dikeluarkan dari pakaian karena tidak memiliki banyak bahan kimia untuk membuat baunya lebih kuat. Namun, bahkan parfum berkualitas rendah atau murah yang beraroma kuat mungkin lebih mudah keluar daripada parfum berkualitas tinggi yang beraroma ringan. Itu tergantung pada kualitas bahan yang digunakan dalam parfum dan berapa lama itu bertahan.

Faktor lain yang menentukan seberapa mudah parfum dilepaskan dari pakaian adalah seberapa banyak parfum yang dioleskan. Misalnya, mungkin Anda secara tidak sengaja menggunakan terlalu banyak parfum atau mungkin Anda bahkan menumpahkan beberapa parfum pada diri Anda sendiri. Semakin banyak parfum yang menempel pada pakaian Anda, semakin sulit baunya untuk dihilangkan.

Ini juga bisa berlaku jika seseorang yang biasanya memakai parfum yang kuat atau banyak memeluk Anda atau parfum mereka mengenai pakaian Anda dengan cara tertentu. Tapi pada dasarnya, semuanya bermuara pada kekuatan dan aroma parfum.

Apakah Bau Parfum Akan Keluar Saat Dicuci?

Selalu ada kemungkinan bau parfum akan keluar saat dicuci. Namun, ini sekali lagi tergantung pada jenis dan kekuatan parfum yang menempel pada pakaian dan segera Anda mencuci pakaian dengan aroma parfum.

Kemungkinan baunya akan keluar cukup tinggi jika parfumnya beraroma ringan atau jika Anda tidak memakai banyak parfum. Bau parfum yang berat atau berlebihan mungkin tidak sepenuhnya hilang saat dicuci dan Anda mungkin memiliki bau yang tertinggal bahkan setelah mencuci dan mengeringkan pakaian.

Pernahkah Anda mengenakan kembali kemeja dengan parfum sebelum dicuci? Tergantung pada jenis parfum yang Anda pakai, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda masih bisa mencium bau parfum yang tertinggal meskipun sudah beberapa hari sejak Anda memakainya.

Dengan parfum yang lebih kuat atau berkualitas lebih tinggi, semakin lama pakaian menempel dengan parfum, semakin lama aroma parfum menembus kain. Inilah sebabnya mengapa baunya sering tertinggal. Saat Anda mencuci baju, bau parfum bisa keluar atau mungkin masih tercium samar-samar.

Berapa Lama Bau Parfum pada Pakaian?

Berapa lama bau parfum bertahan pada pakaian adalah situasi lain di mana itu tergantung pada jenis parfum, kualitasnya, dan seberapa banyak yang dioleskan. Beberapa parfum akan bertahan pada pakaian hingga satu hari, sementara yang lain dapat bertahan beberapa hari atau bahkan seminggu.

Jika Anda mengoleskan parfum langsung ke kulit Anda, pertimbangkan berapa lama parfum biasanya bertahan sebelum Anda harus mengoleskannya kembali. Anda dapat menggunakan ini untuk mempertimbangkan berapa lama parfum akan bertahan di pakaian Anda. Tetapi perbedaannya adalah bahwa mengoleskan parfum pada kulit Anda, seperti pergelangan tangan Anda, dapat lebih mudah dibersihkan. Misalnya, setiap kali Anda mencuci tangan.

Tapi, jika parfum Anda biasanya hanya bertahan selama beberapa jam di kulit Anda, baunya mungkin tidak akan bertahan lebih dari satu atau dua hari di pakaian Anda. Jika parfum Anda umumnya bertahan lebih lama dari itu, mungkin juga bertahan lebih lama pada pakaian Anda.

Cara Menghilangkan Bau Parfum dari Pakaian: 8 Cara

Cara Menghilangkan Bau Parfum Dari Pakaian

Terkadang bau parfum akan keluar dari pakaian hanya dengan mencucinya, jadi Anda selalu bisa mencobanya hanya untuk melihatnya. Namun jika sudah terlanjur dan baunya masih belum keluar atau ingin mencoba cara lain, berikut beberapa yang bisa dicoba.

Seberapa efektif setiap metode akan tergantung pada jenis parfum dan berapa banyak yang Anda kenakan pada pakaian Anda dan berapa lama baunya telah ada. Anda mungkin hanya perlu menggunakan satu metode untuk mengeluarkannya, atau Anda mungkin perlu menggunakan beberapa metode.

1. Biarkan Pakaian Keluar Udara

Hal pertama yang harus dicoba adalah membiarkan pakaiannya keluar. Terkadang, terutama dengan aroma ringan, semua kebutuhan pakaian adalah sedikit udara segar. Jika ini hari yang cerah, cobalah membiarkan pakaian keluar dari udara di tempat yang dapat terkena udara segar dan sinar matahari, yang keduanya dapat membantu menghilangkan bau. Dalam beberapa kasus, pakaian dapat keluar dari udara dan baunya mungkin hilang sepenuhnya dalam beberapa jam.

Jika tidak nyaman di luar atau Anda tidak memiliki cara untuk menggantung pakaian di luar ruangan, Anda juga dapat mengudarakannya di dalam ruangan. Gantung pakaian di ruangan yang berventilasi baik, dapatkan banyak sinar matahari, dan biarkan udara keluar selama beberapa hari. Udara keluar pakaian baik di luar ruangan atau di ruangan yang berventilasi baik

2. Cuci Tangan dengan Sabun Castile

Vermont Castile Soap Tanpa Wewangian, Sabun Cair Lembut untuk Kulit Sensitif & Pembersih Tubuh Alami, Shampoo Rambut Organik untuk Rambut Berminyak, Sabun Aloe Castile untuk Pria & Wanita - 64 OzJika baunya masih tertinggal atau Anda ingin mencoba cara yang lebih cepat untuk menghilangkan bau parfum tersebut, Anda juga bisa mencoba mencuci pakaian dengan tangan menggunakan sabun castile . Ini adalah metode yang bagus, terutama untuk pakaian yang tidak bisa dicuci di mesin cuci, dan sabunnya sendiri tidak akan merusak pakaian. Anda harus dapat menemukan sabun castile di setiap toko kelontong di lorong perawatan pribadi di dekat sampo dan sabun lainnya.

Untuk menggunakan metode ini:

  1. Isi ember atau wastafel dengan air hangat.
  2. Tambahkan beberapa tetes sabun castile ke dalam air dan aduk hingga merata.
  3. Tempatkan pakaian di dalam air dan putar agar semua kain terkena air dan sabun.

Biarkan pakaian terendam dalam air selama sekitar satu jam, lalu bilas dengan air bersih dan hangat untuk menghilangkan semua sabun. Biarkan pakaian mengering di udara, sebaiknya di bawah sinar matahari, agar aroma parfum lebih tercium. Jika baunya masih tertinggal setelah pakaian mengering, ulangi seperlunya atau coba metode lain.

3. Soda Kue

Bubuk soda kueCara lain yang mudah dan efektif untuk menghilangkan bau parfum dari pakaian adalah Anda menggunakan baking soda. Soda kue berfungsi untuk menyerap sisa minyak dan bahan kimia lain yang menyebabkan bau. Namun, Anda tetap harus membiarkan pakaian terendam beberapa saat agar metode ini menjadi yang paling efektif.

Pertama, isi wastafel atau bahkan mesin cuci Anda dengan air hangat. Tambahkan satu cangkir soda kue ke dalam air dan biarkan larut. Tempatkan pakaian di dalam air sehingga terendam sepenuhnya. Sebaiknya rendam pakaian dalam air semalaman, tetapi untuk aroma parfum yang sangat kuat, Anda mungkin perlu membiarkan pakaian terendam selama beberapa hari. Tindak lanjuti dengan mencuci pakaian seperti biasa, lalu biarkan mengering. Ulangi prosesnya seperlunya.

4. Cuci Pakaian dengan Cuka

CukaSaat mencuci pakaian dengan bau parfum, Anda juga bisa mencoba menambahkan cuka ke dalam cucian. Tergantung seberapa kuat aroma parfumnya, Anda bisa menggunakan cara ini sendiri atau mengikuti rendaman soda kue dengan cara ini. Tapi, keasaman cuka bekerja untuk memecah aroma.

Jika Anda menggunakan cuka, Anda perlu menambahkan cangkir cuka ke dispenser pelembut kain atau siklus bilas saat Anda mencuci pakaian. Sebaiknya gunakan deterjen cucian tanpa pewangi agar Anda tahu apakah bau cuka keluar setelah dicuci dan tidak tersamar dengan deterjen cucian Anda. Tindak lanjuti siklus mesin biasa dengan siklus bilas ekstra untuk membantu menghilangkan bau cuka.

5. Gunakan Jus Lemon

Asam kuat lainnya yang dapat membantu menghilangkan bau parfum adalah jus lemon. Ada dua cara untuk menggunakan jus lemon, jadi putuskan metode mana yang paling cocok untuk Anda. Either way, Anda akan ingin membuat larutan dari satu bagian jus lemon ke satu bagian air.

Cara pertama menggunakan jus lemon adalah dengan menuangkan larutan Anda ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan langsung ke kain dan gunakan sikat berbulu lembut untuk menggosok larutan dengan lembut ke kain. Kemudian, gantung pakaian di luar agar bisa kering dengan sendirinya.

Cara penggunaan air jeruk lemon yang kedua adalah dengan menggunakan cara yang sama seperti menggunakan cuka di atas. Alih-alih menyemprotkan larutan jus lemon langsung ke pakaian, Anda dapat menambahkannya ke dispenser pelembut kain atau menambahkannya ke siklus bilas selama mencuci. Namun tidak seperti cuka, Anda tidak perlu melakukan siklus bilas ekstra karena aroma jus lemon tidak terlalu kuat.

6. Deterjen Binatu

semua Deterjen Binatu Cair, Jernih untuk Kulit Sensitif, 2X Konsentrat, 110 BebanAsalkan Anda tidak sensitif terhadap wewangian, Anda harus mencuci terlebih dahulu bau parfum dari pakaian Anda, cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan deterjen beraroma. Bau deterjen laundry yang wangi bisa membantu menghilangkan atau setidaknya menutupi atau menetralisir bau parfum.

Bergantung pada seberapa kuat baunya, dalam beberapa kasus, Anda bisa menggunakan deterjen cucian seperti biasanya. Tetapi Anda mungkin ingin menggunakan penambah aroma cucian untuk meningkatkan bau deterjen jika bau parfumnya sangat kuat.

Namun, Anda juga bisa mencoba mengoleskan deterjen langsung ke noda sebelum mencuci pakaian. Menggunakan deterjen encer pada bau parfum dapat membantu menetralkannya bahkan sebelum pakaian dicuci. Kemudian, Anda dapat mencuci pakaian untuk menghilangkan bau deterjen dan menggunakan penguat aroma atau bahkan cuka atau jus lemon untuk kekuatan ekstra dalam melawan aroma.

7. Semprotan Penghilang Bau untuk Pakaian

Febreze Penyegar Kain Penghilang Bau Ringan, Semprotan Laut, 27 Fl Oz (Paket 2)Semprotan penghilang bau untuk pakaian (seperti Febreze) bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menutupi atau menghilangkan bau parfum jika Anda ingin memakai kembali pakaian dan tidak punya waktu untuk metode di atas. Semprotan ini bekerja karena mengandung bahan kimia yang memerangkap bau sehingga molekul parfum pada dasarnya tidak bisa “lepas” dari pakaian.

Semprotan ini dirancang untuk menghilangkan berbagai bau dari pakaian yang dikenakan ringan. Semprotkan semprotan dengan gerakan menyapu ke seluruh pakaian untuk menyegarkannya dan menghilangkan bau parfum. Anda bahkan dapat membalik pakaian bagian dalam dan menyemprot bagian dalam. Kemudian, tunggu beberapa menit hingga semprotan mengering.

8. Udara Kering

Ketika datang untuk mencuci pakaian Anda dengan bau parfum yang terperangkap di dalamnya, apa pun metode yang Anda gunakan, Anda pasti ingin mengeringkan pakaian daripada memasukkannya ke dalam pengering. Saya telah menyebutkan mengapa pengeringan udara adalah yang terbaik, karena sinar matahari dan udara segar membantu menghilangkan bau pada pakaian.

Yang terbaik adalah mengeringkan pakaian di luar atau di ruangan yang berventilasi baik. Tetapi jika Anda membutuhkannya untuk mencoba lebih cepat, Anda dapat memasukkan pakaian ke dalam pengering. Sebaiknya hindari menggunakan pengaturan panas tinggi karena panas dapat membantu mengeluarkan bau lebih banyak lagi jika tidak dibersihkan seluruhnya.

Untuk hasil terbaik saat menggunakan pengering, Anda akan ingin menggunakan pengaturan panas rendah atau tanpa panas. Ini akan memastikan bahwa tidak ada bau yang tertinggal di kain. Jika bau parfum tetap ada setelah pengeringan udara atau pengeringan dengan mesin pengering, ulangi salah satu metode di atas.

Cara Menetralkan Bau Parfum

Jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci pakaian, tetapi Anda memiliki terlalu banyak parfum, atau ada orang lain yang terlalu banyak menggunakan parfum, Anda dapat menetralisir baunya daripada mencucinya. Ini bagus jika Anda sedang bepergian dan menumpahkan parfum ke tubuh Anda atau Anda harus keluar rumah dengan tergesa-gesa.

Anda selalu dapat menggunakan semprotan pakaian penghilang bau di atas jika Anda memilikinya. Tetapi jika aroma parfum sangat berat, cara terbaik untuk menetralisirnya adalah dengan mengoleskan alkohol ke area tersebut.

Anda mungkin ingin menguji alkohol terlebih dahulu untuk memastikan tidak menyebabkan perubahan warna atau kerusakan pada kain. Oleskan sedikit pada kapas dan oleskan pada bagian pakaian yang tersembunyi. Setelah beberapa menit, periksa untuk memastikan tidak ada kerusakan pada pakaian sebelum melanjutkan.

Jika tidak ada kerusakan yang terjadi, oleskan sedikit alkohol pada bola kapas dan oleskan pada area yang beraroma. Alkohol akan membantu melarutkan dan menetralkan molekul aroma. Hal yang hebat tentang menggosok alkohol adalah bahwa sebagian besar waktu itu akan mencoba tanpa meninggalkan noda itu sendiri.

Kesimpulan

Apakah Anda menggunakan terlalu banyak parfum secara tidak sengaja atau ada orang lain yang terkena parfum, menghilangkan bau dari pakaian Anda bisa jadi sulit. Apalagi jika aromanya sangat kuat. Terkadang, Anda dapat menghilangkan baunya hanya dengan mencuci pakaian, tetapi di lain waktu, Anda mungkin perlu menggunakan produk lain untuk membantu. Soda kue, cuka, sabun castile, deterjen, dll., untuk membantu menetralkan, memecah, atau menyerap bau. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan dengan orang lain. Terima kasih sudah membaca!