cara membuat tape ketan hijau dan hitam
cara membuat tape ketan hijau dan hitam

Cara Membuat Tape Ketan Berbagai Varian Yang Enak

tape atau Tapai merupakan kudapan yang diperoleh dari hasil proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya umbi singkong dan beras ketan.

Rasa manis dari tape dipengaruhi oleh kadar gula dari tapenya sendiri. Dalam proses fermentasi itu pati akan diubah menjadi gula oleh kapang  jenis Chlamydomucor dan oleh ragi Saccharomyces Cerevisiae gula diubah menjadi alkohol.

Rasa asam pada tape dapat timbul karena perlakuan-perlakuan (proses) yang kurang teliti, seperti penambahan ragi yang berlebihan dan penutupan yang kurang rapat pada saat fermentasi. Selain itu rasa asam pada tape dapat terjadi bila fermentasi berlangsung terlalu lanjut.

cara membuat tape ketan hijau dan hitam
cara membuat tape ketan hijau dan hitam

Ragi tape sangat diperlukan dalam pembuatan tape tersebut. Ragi tape yang sudah rusak tidak baik digunakan dalam proses pembuatan tape, sebab itu harus dipilih ragi yang masih baik.

Dalam fermentasi tape ketan terlibat beberapa mikro organisme yang disebut dengan mikrobia perombak pati menjadi gula yang menjadikan tape pada awal fermentasi terasa manis yang menyebabkan tape ketan berubah menjadi alkohol karena adanya bakteri actobakter aceti (mengubah alkohol menjadi asamasetat). Adapun beberapa faktor yang menyebabkan pembuatan tape ketan ini dapat berlangsung tidak sempurna salah satu  penyebabnya adalah peralatan yang kurang higienis dan ragi yang sudah lama (sudah kadaluarsa).dan dapat disebabkan juga oleh pencucian beras ketan yang tidak bersih sehingga fermentasi tdak sempurna.

Pembuatan tape ini berlangsung selama dua sampai tiga hari, dalam kurun tiga hari itu tape masih bisa masih bisa dimakan karena tape belum berubah menjadi alcohol, tapi jika tape sudah lebih dari tiga hari tape tidak bisadimakan (dikonsumsi) karena sudah berubah menjadi alcohol selain itu juga tape tersebut sudah membusuk.

CARA MEMBUAT DAN RESEP TAPE KETAN HIJAU

BAHAN :

  • 1 kg beras ketan putih
  • 600 ml air ekstrak daun suji atau daun katuk
  • 1 butir ragi tape, haluskan
  • Daun pisang untuk alas
  • Pembungkus berupa daun pisang atau plastik kemasan (jika mau dibungkus satuan)

CARA MEMBUAT TAPE KETAN HIJAU :

  1. Cuci beras ketan, rendam 2 – 3 jam, tiriskan sampai kering.
  2. Kukus beras ketan hingga setengah matang (kira-kira 30 menit), angkat.
  3. Panaskan air daun suji dalam panci sampai hampir mendidih. Masukkan ketam kedalam air suji, aduk-aduk sampai air suji terserap ketan dan ketan berwarna hijau merata.
  4. Kukus lagi ketan hijau sampai matang (kira-kira 15 menit), angkat.
  5. Dinginkan (sampai benar-benar dingin) dengan dihamparkan merata di atas nampan besar yang telah diberi alas daun pisang.
  6. Taburi tepung ragi secara merata di atas ketan. Sampai tahap ini ketan sudah siap dikemas dengan daun pisang atau plastik kemasan, jika ingin dikemas satuan.
  7. Masukkan ketan dalam wadah (baskom atau wadah lainnya), tutup rapat. Simpan di tempat yang aman.
  8. Setelah 3 – 4 hari, tape ketan hijau sudah siap disantap.
CARA MEMBUAT DAN RESEP TAPE KETAN HITAM

BAHAN :

  • 1 kg ketan hitam
  • 1-1 1/2 butir ragi ketan
  • 2 sdm gula pasir

CARA MEMBUAT TAPE KETAN HITAM :

  1. Cuci beras ketan hitam hingga benar-benar bersih dan rendam selama semalam 12 jam.
  2. Bilas dan cuci bersih kembali ketan dan kukus selama 30 menit. bila ketan masih keras, bisa di siram-siram sedikit dengan 100 – 150 ml air. kukus 10 menit lagi, Angkat.
  3. Siapkan tampah yang sudah dilapisi plastik bersih atau daun pisang lalu tuang dan ratakan ketan yang sudah matang dikukus pada tampah. Biarkan hingga benar-banar dingin.
  4. Siapkan toples kaca atau plastik bersih dan kering. Taburi ketan dengan ragi tape menggunakan saringan teh dengan cara diayak ke sekeliling bagian atas ketan tape hingga rata dan taburi lagi diatasnya lagi dengan gula pasir.
  5. Alasi bagian bawah toples dengan daun pisang kemudian masukkan tape ke dalam toples. Tutup bagian atas ketan menggunakan daun pisang sisa dari tampah tadi dan tutup rapat kembali toples.
  6. Simpan toples di tempat sembunyi (atas lemari/bupet) selama 3 hari. Selama proses fermentasi jangan membuka tutup toples. Tape siap dinikmati pada hari ke 3.
  7. Sajikan untuk 12 porsi.

Sumber : Carabuatresep.blogspot.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara membuat cilung dengan wajan biasa yang enak

Cilung adalah jajanan anak yang sering di jumpai di etiap sekolah sekolah…