Pengertian serta penjelasan apa itu Bintang Icarus (bintang)

By | March 16, 2022

Icarus  adalah supergiant biru yang ditemukan pada April 2018. Ini adalah bintang terjauh yang pernah terdeteksi, terletak 9 miliar tahun cahaya dari Bumi .

Cahaya yang saat ini mencapai Bumi dipancarkan 9 miliar tahun yang lalu (4,4 miliar tahun setelah Big Bang).

Nama resminya adalah  MACS J1149 Lensed Star 1 (LS1)  , tetapi telah dijuluki Icarus , untuk menghormati karakter mitologi Yunani yang terbang begitu dekat dengan Matahari sehingga lilin di sayapnya meleleh.

Letaknya di luar gugusan galaksi selain Bima Sakti – galaksi tempat tata surya kita berada -, disebut MACS J1149 + 2223.  [1]

Pergeseran merahnya (z) adalah 1,49.

Ringkasan

[ bersembunyi ]

  • 1 Sejarah
  • 2 Penemuan
  • 3 Fitur
  • 4 Sumber

Sejarah

Sebuah tim peneliti internasional menemukan Icarus, bintang terjauh yang pernah terdeteksi, terletak 9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Teleskop Hubble adalah instrumen yang digunakan untuk menemukan bintang, diidentifikasi oleh intensitas kecerahannya, yang membutuhkan sembilan miliar tahun cahaya untuk mencapai Bumi.

Dalam kasus Icarus, gugusan galaksi yang beroperasi dengan kaca pembesar alami dan memungkinkannya terlihat 2000 kali lebih terang disebut MACS J1149 + 2223 dan berjarak 5000 juta tahun cahaya dari Bumi (hampir setengah jarak bintang Icarus) .

Penemuan

Penemuan Icarus dilakukan “melalui analisis dan perbandingan data yang sebelumnya ditangkap oleh Hubble, kami telah menentukan bahwa sumber cahaya baru ini adalah bintang yang terletak di galaksi yang sama dengan supernova Refsdal”, jelas José Diego, peneliti di CSIC (Dewan Tinggi untuk Penelitian Ilmiah), yang bekerja di Institut Fisika Cantabria (Spanyol).

Efek yang disebut “pelensaan gravitasi” memungkinkan penemuan bintang.

Temuan ini menandai sejarah sains, karena tim CSIC (Dewan Tinggi untuk Penelitian Ilmiah) menggunakannya untuk menolak teori tentang materi gelap , yang mengatakan bahwa sebagian besar terdiri dari lubang hitam yang 30 kali lebih besar dari Matahari.

Pemimpin penelitian di University of Minnesota (AS), Patrick Kelly, menjelaskan dalam siaran pers bahwa “kita dapat melihat galaksi yang sangat jauh, tetapi bintang ini 100 kali lebih jauh daripada bintang individu berikutnya yang dapat kita pelajari. Kecuali jika kita menghitung ledakan supernova sebagai bintang. ‘

Karakteristik

Ini disebut MACS J1149 + 2223 Lensed Star 1, tetapi telah dijuluki Icarus, untuk menghormati karakter mitologi Yunani yang terbang begitu dekat dengan Matahari sehingga lilin di sayapnya meleleh.

Icarus adalah bintang paling jauh yang pernah difoto, kata astronom dari NASA dan University of Minnesota (Amerika Serikat) dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah  Nature Astronomy  .

Biasanya [Icarus] akan terlalu redup untuk dilihat, bahkan dengan teleskop terbesar di dunia. Namun berkat fenomena langka di alam yang sangat menguatkan kecerahan redup bintang, para astronom yang menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA dapat menemukan bintang yang jauh ini dan membuat rekor jarak baru. Fenomena yang memungkinkan kita untuk mengamati bintang biru super-raksasa yang bertempat di gugus galaksi yang jauh ini disebut “gravitasi

.